Informasi | Tips |Berita Terbaru |Gadget and more

Empat Jenis Beras Menyehatkan

Beberapa waktu lalu pemerintah menganjurkan untuk mengurangi mengkonsumsi beras. Lalu bagaimana dengan beras herbal? Apa itu beras herbal? Beras ini adalah beras organik yang dihasilkan melalui proses organis yang ditanam di tanah yang ramah lingkungan, 100% nggak menggunakan pestisida kimia. Dan berikut Empat Jenis Beras Menyehatkan.

Penanaman beras herbal menggunakan kompos dan pupuk hijauan maupun pupuk hayati serta memberantas hama menggunakan pestisida alami yang dihasilkan daun-daunan dan buah-buahan yang di permentasikan secara alami. Proses organis itu sendiri akan dapat memperbaiki struktur dan kesuburan tanah. Serta membangun ekosistem yang berkelanjutan karena penggarapan yang ramah lingkungan itu, beras organic terbebas dari unsur-unsur kimia. Hal itu membuatnya sangat aman untuk , dikonsumsi setiap hari. Selain terbebas dari kimia, kadar gula yang terkandung dalam beras organik pun sangat rendah.

Beras organic memiliki beberapa macam jenis yang dibedakan melalui warna seperti, hitam, merah, cokelat, dan putih. Masing-masing jenis memiliki kandungan yang berbeda.

Beras organik putih
Beras organik putih merupakan jenis beras yang paling banyak dikonsumsi. Dibandingkan dengan beras putih non organik rasanya lebih pulen dan wangi. Juga nggak mengandung pestisida kimia sehingga sangat aman untuk dikonsumsi. Beras organik warna putih masih memiliki kandungan nutrisi dan mineral yang tinggi.

Beras Organik Hitam
Beras organik warna hitam mempunyai khasiat paling baik disbanding beras organik warna lainnya. Bila sudah dimasak  beras organic warna hitam warnanya benar-benar hitam pekat. Beras ini bermanfaat untuk kesehatan seperti, meningkatkan ketahanan tubuh terhadap penyakit menurunkan kadar gula darah, memperbaiki kerusakan sel hati, mencegah gangguan fungsi ginjal, mencegah kanker/tumor, memperlambat penuaan, sebagai anti  oksidan , membersihkan kolesterol dalam darah, mencegah anemia dan menurunkan tekanan darah.

Beras Organik Merah
Beras organic berwarna merah kaya akan fiber dan asam lemak. Kandungan fibernya yang tinggi dapat mencegah sembelit, sehingga memperlancar pencernaaan. Selain itu juga kaya akan asam amino dan memiliki kandungan vitamin B1, magnesium, dan mineral lebih tinggi dari pada beras putih. Manfaat lainnya adalah mencegah berbagai penyakit saluran pencernaan, meningkatkan perkembangan otak, menurunkan kolesterol darah, mencegah kanker dan penyakit degenerative serta menyehatkan jantung.

Beras Organik Cokelat
Warnanya memang cokelat, aroma dan rasanya sangat khas, mirip beras ketan. Beras organik warna cokelat adalah beras yang tidak digiling atau setengah digiling, jadi bisa dikatakan mempunyai rasa sedikit seperti kacang dan lebih kenyal dari pada beras putih serta lebih bernutrisi. Beras ini kaya akan vitamin B1, B3, Besi dan magnesium.

Sumber : majalah Frontliner
Back To Top