Informasi | Tips |Berita Terbaru |Gadget and more

Perbedaan Kamera Pocket, Prosumer, dan DSLR

kali ini kita akan membahas tentang Jenis kamera, ada Pocket, Prosumer dan DSLR. di artikel sebelumnya yaitu Tips Panduan Memilih Kamera DSLR Pemula kali ini kita bahas jenis-jenis kamera beserta perbedaannya.

Seperti yang saya katakan sebelumnya bahwa photograpy adalah sebuah hobi yang mana artisnya atau photografernya lah yang berperan penting dalam nilai atau seni memotret. baik itu memotret objek manusia, pemandangan, objek bergerak, Foto Potrait dan lain sebagainya. ada pun kamera yang kita gunakan bervariasi sesuai dengan kebutuhan dan kecukupan budget masing-masing. Tapi jika untuk sekedar narsis untuk upload di Facebook atau twitter menggunakan kamera ponsel itu sudah lebih dari cukup. karena kenapa, percuma kita punya kamera yang harganya mahal tapi hanya digunakan untuk narsis dan eksis. Selain ukuran filenya yang dihasilkan besar, tetap saja saat upload di media sosial ukuran file Fotonya harus di retrize atau di perkecil terlebih dahulu. nah dengan memperkecil ukuran tentu akan mengurangi kualitas foto tersebut.

Terus, Apa saja sih jenis-jenis kamera itu dan apa perbedaan kelebihan dan kekurangan masing masing. Di sini akan saya sedikit jabarkan mengenai Perbedaan Kamera Pocket, Prosumer dan DSLR.
  • Kamera Pocket. dari namanya pocket ini adalah kamera saku, karena bentuknya yang kecil dan pas di saku. Karena ukurannya yang keukuran saku kamera pocket ini mudah dibawa dan dimple. kekurangannya adalah kamera ini terbatas, banyak fitur-fitur yang otomatis sehingga kreatifitas Anda terbatas hanya disitu. Tapi semakin berkembangnya teknologi banyak juga kamera dengan merk tertentu yang hasil gambarnya sama atau bahkan lebih bagus dari kamera Profesional/DSLR dari sudut pandang yang berbeda. Tentunya harga yang ditawarkan cukup mahal dan mungkin bisa melebihi kamera DSLR.
  • Kamera Prosumer. Kamera jenis Prosumer ini sebenarnya tidak beda jauh dengan kamera pocket yang mengedepankan fitur otomatis, walau pun ada beberapa fitur manual tetapi fleksibilitas upgradenya masih sangat minim.contohnya Anda tidak bisa mengganti lensa pada kamera tersebut. tidak bisa menggambil effect fish eyes, atau effek blur pada background yang memukau dan lain sebagainya. itu Anda akan kesulitan di kamera prosumer. Anda akan bisa menghasilkan efek tersebut dikamera DSLR
  • Kamera DSLR. atau kepanjangan dari Digital Sigle Lens Reflex DSLR mungkin kebanyakan Anda sudah tahu ya, warnanya hitam agak besar. DSLR disitu yang paling menentukan ciri khas  ada cerminnya, makanya disitu di katakan digital single lens reflex ada elemen cermin di dalam DSLR itu yang menyebabkan fisiknya DSLR itu tidak bisa kecil sehingga DSLR selalu fisiknya besar. Nah DSLR sangat saya rekomendasikan untuk Anda bila pertama kali memulai Fotografi. Anda ingin foto-foto yang spesifik Anda tinggal ganti lensa, Anda ingin cahaya yang cukup di ruangan minim cahaya tinggal gunakan Flash
Kenapa langsung DSLR, karena ini akan lebih efisien. Pada saatnya nanti Setelah Anda membeli kamera pocket atau prosumer dan mengetahui keterbatasannya. akhirnya Anda memilih kamera DSLR, makanya mending langsung bisa lebih efisien dalam biaya. tapi tergantung dari budget yang Anda miliki itu hanya sekedar rekomendasi saja.

Nah gimana sekarang sudah tahu kan beberapa jenis kamera yang umum dipakai oleh orang kebanyakan. Tertarik untuk memiliki salah satunya? :) dan semoga artikel Perbedaan Kamera Pocket, Prosumer dan DSLR  ini bermanfaat bagi Anda. Salam Photograpy
Tag : Gadget
Back To Top